PELATIHAN PENGEMBANGAN ORGANISASI (Organizational Development) ke-7 16-21 Maret 2009

Juni 16, 2009 at 6:33 am Tinggalkan komentar

Salah satu kegiatan yang dikuti oleh JAMAK di Yogyakarata beberapa waktu lalu.

Sumber : www.satunama.org

fakfak-jamak-dinamika pelatihanSATUNAMA bekerjasama dengan Konrad Adenauer Stiftung (KAS) telah menyelenggarakan pelatihan Pengembangan Organisasi ke-7 pada tanggal 16-21 Maret 2009, bertempat di Pusat Pelatihan SATUNAMA Yogyakarta. Partisipan pelatihan ini berjumlah 24 orang (P: 11; L: 13) yang berasal dari 9 organisasi yaitu PMI NAD (Palang Merah Indonesia Nangroe Aceh Darussalam), American Red Cross, Pusdakota Surabaya, SOS Desa Taruna, LKIS Yogyakarta, IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) Sukoharjo, Sahabat Lingkungan WALHI, JAMAK (Jaringan Masyarakat Anti Korupsi) Fakfak dan SATUNAMA.

Pelatihan ini bertujuan memperkuat keberadaan masyarakat sipil melalui pengembangan kapasitas, integritas, dan akseptabilitas organisasi masyarakat sipil agar fungsi pelayanan sebagai mandat bagi organisasi masyarakat sipil lebih optimal. Dengan organisasi masyarakat sipil yang kuat maka diharapkan terjadi keberlanjutan layanan/program, keberlanjutan organisasi dan keberlanjutan di tingkat komunitas.

Pelatihan pengembangan organisasi ini membahas mulai dari pengertian, perkembangan dan alur/tahapan pengembangan organisasi, praktek asessmen organisasi, mendisain perubahan organisasi serta programming (mendisain perubahan di tingkat masyarakat, kepemimpinan, dan keberlanjutan organisasi).

Berikut ini adalah beberapa kesaksian para partisipan pelatihan:

fakfak-jamak-Roy M Mury“Dengan mengikuti pelatihan ini, sekarang saya lebih tahu kekurangan saya tentang alur dan dasar-dasar pengembangan organisasi. Saya menjadi punya banyak ide untuk melengkapi beberapa hal yang kurang dalam organisasi saya.” (Roy M Mury, Koordinator Jaringan Masyarakat Anti Korupsi Fakfak, Papua Barat).


fakfak-jamak-Natalina Sangapta“Saya menjadi lebih tahu organisasi yang sehat itu seperti apa, lebih mengerti bagaimana cara mengembangkan organisasi dan bagaimana menghadapi konflik organisasi. Saya akan menjadi salah satu agen perubahan dalam organisasi. Terima kasih atas pelatihan ini. Jujur awalnya saya amat sangat bosan sekali mengikuti pelatihan, tapi akhirnya saya merasa mendapatkan manfaat yang amat sangat. Banyak istilah-istilah baru yang saya temui. Semoga ini benar-benar bisa membawa saya dan SOS untuk dapat lebih berkembang”. (Natalina Sangapta Perangin-angin, staf HRD SOS Desa Taruna).

Iklan

Entry filed under: Uncategorized. Tags: , , , , , , , , , .

Jaringan Masyarakat Fakfak Anti Korupsi LOMBA KARYA TULIS MAHKAMAH KONSTITUSI 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip

Juni 2009
S S R K J S M
    Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

%d blogger menyukai ini: